Bupati Kuningan Tandantangani Prasasti Peresmian Taman Kota

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nurul Ikhsan

Kuningantoday.com – Bupati Kuningan Acep Purnama bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan disaksikan pejabat teras Pemprov Jabar dan Forkopimda Kuningan menandatangani prasasti tanda diresmikannya taman kota, Minggu (30/1/2022).

Prasasti tersebut berfungsi sebagai penanda mulai resmi dioperasikannya taman kota sebagai bagian dari wajah baru di alun-alun kota Kuningan. Proses revitalisasi taman kota sudah berjalan dibangun sejak pertengahan tahun 2021 dan baru bisa diresmikan di awal tahun 2022.

Sebelum menjadi taman kota, dahulu di lokasi ini berdiri bangunan Plaza Kuningan sebagai pusat hiburan masyarakat Kuningan saat itu. Plaza Kuningan dipugar sekitar pertengahan tahun 1990-an.

Di Plaza Kuningan saat masih berdiri terdapat deret kios toko yang menjual berbagai kebutuhan, serta area parkir kendaraan. Di bagian lantai dua beroperasi bioskop, area permainan mesin tangkas, dan sebagian juga terdapat sejumlah kios. Patung kuda bercat putih yang berdiri di depan gedung menjadi bagian dari masa kejayaan Plaza Kuningan.

Dahulu Plaza Kuningan menjadi ikon kota Kuningan, selain pertokoan yang berderet disepanjang jalan Siliwangi, Pujasera, dan bioskop Kuning Ayu yang terletak berdampingan dengan Plaza Kuningan di sebelah timur. Sejak tahun 1990-an kedua bioskop sudah tidak beroperasi lagi. Praktis sejak tutupnya kedua bioskop, di Kuningan tidak ada lagi bioskop yang sudah tergantikan dengan VCD/DVD hinggan platform media sosial saat ini seperti Youtube yang telah menggantikan kejayaan bioskop.

By Adam Gumelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya